Komik

Komikus termasuk kreator yang berpotensi mendapat penghasilan secara rutin karena paling memungkinkan produksi konten secara konsisten. Terlebih kalau komik yang dihasilkan berupa comic strip.

Kami meminta saran dari Nyne Comics, untuk bisa berbagi strategi dalam mengelola akun Karyakarsa agar jadi lebih aktif dan bisa berpenghasilan.

Pada setiap profil akun kreator terdapat kolom "Tentang Karyamu". Apa yang sebaiknya ditulis di sana?

Yang paling penting sih ada info ringkas tentang kreator dan link ke karya-karya yang udah ada seperti akun medsos atau youtube atau yang lainnya.

Bagaimana kamu mengatur paket dukungan dukungan?

Paket dukungan, dibuat bertingkat. Tingkat dukungan saat ini adalah sbb:

  • Paket 1, harga Rp10.000. Isinya: Konten ekslusif

  • Paket 2, harga Rp50.000. Isinya: Konten ekslusif + akan ada personalisasi dengan menuliskan nama pendukung sebagai salah satu tokoh komik

  • Paket 3, harga Rp200.000. Isinya: Konten ekslusif + akan digambar wajah pendukung ala Nyne Comics

Bagaimana kamu menentukan dan memutuskan apa yang ditawarkan di tiap tingkat dukungan, dan harganya?

Dalam menentukan hal tersebut saya ada beberapa poin penting yang jadi pertimbangan:

Apa yang kita punya. Dalam hal ini, karena bidang saya komik, maka yang saya tawarkan tetap seputaran komik dan gambar.

Apa yang kita tawarkan. Supaya orang mau mendukung tentunya harus ada keuntungan tersendiri buat si pendukung dibanding yang free di media sosial. Saya memutuskan untuk memberikan konten komik yang eksklusif untuk semua paket yang mendukung di Karya Karsa.

Siapa dan bagaimana daya beli audience kita. Nyne Comics sendiri target pembacanya adalah dewasa muda dan dewasa yang memang sudah memiliki daya beli. Namun karena tingkat daya beli pembaca tersebut beragam, maka dari itu dengan adanya paket memungkinan semua orang dapat mendukung.

  • Untuk yang daya belinya rendah, dengan paket 1 sudah mendapatan keuntungan komik ekslusif hanya dengan membayar Rp10.000. Menurut saya Rp10.000/bulan, sama sekali bukan hal yang berat. Jadi harapannya orang-orang semakin banyak mendukung.

  • Untuk yang memiliki daya beli menengah maka di paket 2 saya ingin memberikan personalisasi sekaligus juga sebagai sebuah apresiasi dan tentunya memancing yang lain juga untuk mendukung, yaitu dengan menuliskan nama pendukung tersebut sebagai nama tokoh komik. Kenapa Rp50.000, karena menurut saya angka segitu cukup besar, jadi perlu diberi apresiasi lebih.

  • Kemudian untuk yang paket 3 adalah untuk yang daya belinya tinggi dan ingin mendukung lebih di angka Rp200.000, maka saya memberikan keuntungan dan apresiasi yang lebih personal lagi yaitu dengan menggambar wajah si pendukung.

Seberapa sering kamu post karya dan apa isinya?

2 kali seminggu, konten komik ekslusif untuk semua pendukung paket.

Bagaimana kamu mempromosikan halaman KaryaKarsa kamu, dan yang mana yang paling efektif?

Sering mengarahkan pembaca di media sosiak untuk bergabung ke KaryaKarsa. Yang paling efektif tentunya dengan kasih bocoran konten ekslusif sedikit untuk membuat pembaca penasaran dan cek kelanjutannya di KaryaKarsa.

Apa rekomendasi kamu untuk kreator yang baru mulai di KaryaKarsa?

Rajin upload di media sosial juga supaya penikmat karyamu tetap update. Jangan muncul sekali-sekali doang karena nanti orang lupa sama kamu. Rajin muncul, rajin promo, lama-lama jadi banyak yang suka atau penasaran, dan tentu mereka akan dengan senang hati mendukungmu di KaryaKarsa.