Penulis

Proses menulis sampai menebitkan buku, baik itu fiksi maupun non-fiksi, merupakan proses yang sangat panjang. Bayangkan saja, dari riset, pembuatan draft, editing; pengaturan layout tulisan, pemilihan cover, sampai ke pemasaran bukunya, semuanya harus dilewati agar karya bisa sampai ke tangan pembaca.

Padahal, sebelum sampai dalam bentuk utuh sebuah buku, proses pembuatannya juga memiliki nilai jual, lho! Di bawah ini ada beberapa metode atau ide umum yang dapat digunakan penulis untuk berkarya di KaryaKarsa.

Akses ke draft tulisan

Draft yang diperlihatkan bisa saja teks yang belum rampung supaya calon pembaca bisa memberi pendapat, atau pustaka teks-teks lama. Meilinda Wandhani adalah salah satu kreator yang menawarkan karya-karya lama yang belum rampung, namun dirampungkan di KaryaKarsa.

Materi tambahan yang tidak ada di buku/blog

Terkadang tidak semua cerita, artikel atau informasi dapat masuk ke buku akhir. Konten tambahan bisa diletakkan dalam paket dukungan berbayar.

Konten eksklusif

Konten ekskulsif dapat berupa, misalnya, cerita pendek, atau malah materi komplementer terhadap tulisan-tulsan Kakak, seperti alternate cover, wallpaper HP, dan sebagainya. Mellisa Anggiarti, salah satu kreator yang menawarkan karya-karya yang hanya ada di KaryaKarsa.

Menggunakan nama fans sebagai bagian dari cerita

Fans yang membayar pada paket dukungan tertentu dapat meminta namanya digunakan dalam teks berikutnya (caranya bagaimana, tentunya terserah Kakak).

Sesi tanya jawab

Kakak dapat mengadakan sesi tanya jawab via live chat atau video call di waktu yang sudah ditentukan, hanya untuk pendukung paket tertentu. Contohnya Adimas Immanuel membuka paket sesi tanya-jawab 1-on-1 selama satu jam.

Terima kasih ke fans dalam buku/situs

Fans yang mendukung paket tertentu dapat masuk ke halaman/halaman web buku, atau sesederhana disebut di akun Instagram Kakak.

Surat dari salah satu karakter buku

Ini menarik untuk para kreator pembuat cerita fiksi. Ada fans yang senang tokoh tertentu di dalam buku Kakak, sehingga akan senang sekali mendapat "surat" dari tokoh tersebut.

Partisipasi/kolaborasi fans dalam penentuan jalan cerita

Kakak dapat membuka jajak pendapat atau forum terbuka soal diskusi jalan cerita selanjutnya dari cerita pendek atau buku Kakak. Faizal Reza, pada beberapa cerpennya ia mengajak pengikut di media sosial untuk ikut memesan nama dan karakter tokoh.

Sneak peek

Fans dapat melihat konten yang akan rilis sebelum dirilis ke pasar - tidak harus bukunya sendiri, tapi bisa juga artwork dan sebagainya. Seperti yang ditawarkan Shujinkouron dalam paket-paketnya.