Podcaster

Podcast adalah salah satu kategori kreator yang bertumbuh kembang sangat pesat belakangan ini di Indonesia. Bisa jadi pelan-pelan menggeser posisi siaran radio dalam penyediaan konten audio dengan "penyiar", dan dengan segmen konten yang semakin beragam juga. Ada beberapa cara podcaster dapat memanfaatkan KaryaKarsa untuk mendapatkan penghasilan. Karena perlahan tapi pasti, pembuat Podcast dan pendengarnya akan berkembang menjadi komunitas.

Bonus episode berbayar

Dalam proses produksi Podcast, kadang-kadang ada materi yang seru banget, tapi secara durasi kelamaan untuk didengerin sekaligus. Sekalian aja, sebagian dari konten itu dibuat jadi konten berbayar di KaryaKarsa. Jadi episode utamanya tetap di layanan Podcast yang digunakan, bonusnya hanya dapat diakses di Karyakarsa.

Tanya jawab/ Ask Me Anything

Membuat sesi Ask Me Anything tentu menarik dan kadang dapat membantu kalau sedang gak ada ide konten, tapi terkadang malah makan waktu menyortir pertanyaan menarik dengan pertanyaan yang tidak bermutu. Dibuat saja seperti ini: yang mau ikutan AMA harus kasih tip dulu via KaryaKarsa. David Millenov punya tier yang memprioritaskan para pendukung di KaryaKarsa untuk bisa tanya apapun.

Sesi live chat

Mau tidak mau, Podcast adalah komunikasi satu arah; sementara itu, mungkin saja ada pendengar yang ingin berdiskusi langsung dengan Kakak. Kakak bisa membuka live chat, pada waktu yang sudah ditentukan, menggunakan layanan seperti Google Hangouts, Discord, Telegram bahkan Whatsapp, namun yang ingin ikutan ke sana harus bayar dahulu.

Konten Behind The Scenes

Yang naik menjadi Podcast seringnya adalah produk yang sudah jadi - sudah di-edit, sudah dibersihkan, sudah dicek kontennya. Padahal proses produksinya juga mungkin menarik untuk orang lain - Kakak bisa libatkan pendengar dengan memperlihatkan proses perencanaan dan produksi konten, atau mendengarkan konten-konten yang akhirnya dipotong pas editing.

Acara/konten baru berbayar

Kalau niat, sekalian bikin konten baru atau kanal baru, yang isinya berbayar, hanya di KaryaKarsa.

Merchandise

Menjual merchandise selalu menjadi sesuatu yang menarik untuk pendengar yang ingin mendukung terus - ia dapat mengeluarkan uang sebagai wujud dukungannya, dan mendapatkan sesuatu yang ia dapat gunakan.

Masuk group chat khusus

Ini beda dengan live chat tadi ya, yang berbatas waktu. Group chat dapat menjadi sesuatu yang eksklusif, dan hanya melibatkan pendukung-pendukung paling setia; tempat diskusi, saling mengenal dan bersenda gurau.

Shoutout ke fans/diakui sebagai “produser”

Seperti kirim-kirim salam di kala siaran radio masih jaya (dan sekarang pun masih laku di area-area yang masih besar pendengar radionya), penyebutan nama pada rekaman Podcast itu menjadi sesuatu yang menarik untuk pendengar. Sekalian saja, dibuat tier dukungan untuk "co-producer" supaya disebut dalam siaran maupun dalam keterangan produksi Podcast.

Mempermudah pengalaman mendengar (tidak dibatasi ke satu platform)

KaryaKarsa.com berbasis web, sehingga konten Podcast Anda seharusnya dapat didengarkan oleh siapapun dengan smartphone dan peramban modern.

Bonus konten digital (materi belum diedit, foto/video dan lain-lain)

Konten mungkin Podcast, tapi tidak berarti konten di KaryaKarsa harus terbatas pada konten itu kan? Foto-foto atau video saat perekaman konten, atau diskusi saat perumusan konten dengan pembicara tamu, atau bahkan konten orisinil seperti sketsa, infografis, gambar dan sebagainya dapat ditawarkan ke pendengar, sebagai pelengkap Podcast.

Fans jadi bintang tamu/ikut tanya jawab dalam episode

Ada aja lho yang mau. Coba aja. Karena semua orang butuh "panggung" atau sekedar teman diskusi yang sepikiran, kenapa tidak memfasilitasi. Cara seru juga untuk dapet temen baru! Cara seru juga untuk dapet temen baru! Nah, Podstalgia punya konten ekslusif ini, lho!

Voting/polling

Voting atau polling bisa dibuat sesuatu yang berbayar, selama bernilai juga ke pendengar. Misalnya, menentukan topik episode berikutnya, atau memilih bintang tamu, atau bahkan mengganti judul, logo atau nama Podcast.

Podcast premium

Konten yang lebih premium - yang berisi informasi yang bernilai untuk orang lain - dapat diletakkan sebagai konten eksklusif dalam KaryaKarsa, yang hanya dapat diakses dengan membayar. Ini cocok untuk konten-konten yang membutuhkan riset, berupa edukasi, atau memiliki konten dengan nilai lebih.

Akses lebih awal

Kakak dapat mengunggah konten Podcast di KaryaKarsa ke tier dukungan berbayar sebelum naik di layanan Podcast lain. Yang ingin segera mendengar akan bayar, yang sabar menunggu dapat mengakses lewat layanan lain dengan gratis.

Akses ke konten lama

Halaman KaryaKarsanya Kakak dapat menjadi archive untuk konten lama, yang dapat diakses dengan berbayar. Persis seperti yang ditawarkan Iqbal Hariadi dalam tiernya.

Konsultasi personal

Mendapatkan dukungan dari pendengar tidak harus hanya dengan produk Podcast, tapi bisa dengan konsultasi tatap muka.

Notifikasi - misalnya, beli saham A

Satu tier berbayar Podcastnya dapat dikhususkan untuk informasi-informasi premium seperti tips saham dan pergerakan pasar, atau insider story.