FAQs Untuk Kreator

Masih bingung? Coba cari ada pertanyaan kamu di sini ga.

Berapa bagi hasil yang didapat oleh kreator?

Kreator akan mendapatkan 90% dari setiap transaksi yang terjadi pada halaman KaryaKarsanya, sebelum dipotong biaya transfer bank sebesar Rp 3,500 atau pajak yang mungkin berlaku. KaryaKarsa mengambil potongan 10%, yang digunakan untuk biaya penyelenggraan platform, termasuk biaya transaksi.

Format karya apa saja yang bisa didukung oleh Karyakarsa?

Kami mendukung format gambar dan komik, audio, zip dan rar yang bisa diunduh oleh pendukung. Maksimal ukuran file adalah 128MB per file. Untuk video kami anjurkan menggunakan file m4a max 128 MB, atau embed YouTube unlisted.

Apakah karya NSFW (Not Safe For Work) diperbolehkan di KaryaKarsa?

Tentu tidak. KaryaKarsa tidak mendukung konten yang melanggar semua ketentuan perundangan dan peraturan lain yang ada di Indonesia.

Apa saja yang menjadi kriteria kurasi/pemilihan kreator?

Ada dua faktor utama yang menjadi pertimbangan kami dalam memilih kreator yang dapat menawarkan karya di KaryaKarsa:

  • Tingkat keahlian berkarya. Bagus tidaknya karya itu tentunya subyektif, tapi tingkat keahlian akan tampak oleh tim kami. Konsistensi dalam berkarya tentunya menjadi faktor pendukung tingkat keahlian, karena akan selalu terlihat perkembangannya.

  • Potensi pendukung. Pengikut kreator di media sosial adalah potensi pendukungnya yang paling pertama dan utama. Kalau potensi pendukungnya belum terbentuk, akan sangat susah membangun bisnis di atasnya.

Mengapa pendaftaran kreator saya tidak disetujui?

Dalam proses kurasi, ada beberapa hal yang akan mempengaruhi keputusan tidak lolos. Salah satu dari faktor ini saja akan sangat mempengaruhi proses kurasi, sehingga kalau tidak disetujui karena salah satu faktor, belum tentu juga karena faktor-faktor lain yang disebut di bawah, di luar dari karya dan kegiatan berkaryanya sendiri.

Faktor-faktor tersebut adalah:

  • Informasi yang Kakak berikan kurang lengkap. Harap menyertakan informasi lengkap mengenai karya yang kamu sajikan, dan contoh di social media atau situs portfolio paling utama kamu. Informasi yang tidak jelas atau tak dapat kami telusuri akan otomatis tidak lolos kurasi.

  • Karya kamu mengandung pornografi, kekerasan yang berlebihan, ujaran kebencian yang berlebih terhadap suatu kaum dan hal lain yang melanggar hukum.

  • Follower media sosial kamu di bawah 500. Kami terkadang membuat pengecualian untuk karya yang kami nilai sangat bagus atau dapat dikembangkan lebih baik.

Semua keputusan soal kurasi adalah final, tapi calon kreator yang belum lulus kurasi dapat mengajukan diri lagi untuk melalui proses kurasi lagi di sini.

Daftar ulang sebagai kreator