Menu Karya

Di menu inilah kamu bisa menambah dan mengatur segala hal untuk post karya. Mulai dari halaman depan post karya, isi, harga, hingga pengaturan kategori.

Pada halaman awal menu KARYA, kamu akan tampak seperti ini.

Bentuk halaman menu KARYA jika belum ada karya yang diunggah

Untuk mulai mengatur, mulai dengan tombol "TAMBAH KARYA". Lalu setelah itu kamu akan melewati 3 tahap sebelumnya akhirnya karya kamu selesai diunggah.

1. Isi

Ini adalah tahap untuk mengatur halaman depan atau cover karyamu. Tahap ini penting untuk menarik minat pendukung.

Tampilan menu bagian "Isi".

Pada menu ini terdapat 3 bagian yang harus kamu isi dengan baik dan rapi, yaitu:

  • Judul. Usahakan judul postnya menarik, padat dan jelas, karena akan diemail secara otomatis ke pendukung dan pengikut.

  • Pilih gambar utama. Gambar ini berfungsi sebagai banner. Perhatikan rekomendasi ukuran agar gambar dapat tertampil maksimal.

  • Penjelasan singkat. Bagian ini penting untuk memberi sinopsis singkat pada karyamu. Bentuk sinopsis tidak hanya tulisan, tetapi bisa juga gambar atau video. Jadi, jangan malas untuk mengisi penjelasan, ya!

📒CATATAN.

KaryaKarsa mempunya fitur auto-saved yang memungkinkan kreator tidak perlu takut karya atau tulisan hilang karena koneksi tiba-tiba terputus atau kamu salah pencet tombol lain. Karyamu sudah otomatis tersimpan jadi draft. Jangan lupa isi judul agar fitur auto-saved bisa berfungsi.

Jika semua bagian sudah terisi, pilih/pencet LANJUT untuk ke tahap selanjutnya.

2. Berkas

Ini adalah tahap penting dalam mengunggah karya. Perhatikan baik-baik setiap langkah, supaya tidak salah dalam mengunggah. Jika masih kesulitan, jangan ragu untuk email ke [email protected]

Tampilan menu bagian "Berkas"

Pada tahap ini, terdapat 2 bagian yang harus kamu isi:

KONTEN EKSKLUSIF. Pada tahap ini kamu bisa pilih beberapa jenis file yang tersedia sesuai dengan fungsi. Fitur ini berfungsi untuk mengatur bagaimana konten eksklusif tampil pada halaman post karya. Pengaturan dimulai dengan memilik tipe berkas.

Jenis-jenis file untuk mengunggah karya
  • Galeri Foto/Komik: konten akan tampil sebagai galeri, dengan preview image. Karya tidak bisa diunduh (download).

  • Katalog file: konten akan tampil sebagai daftar document yang bisa diunduh. Fungsinya untuk menawarkan karya seperti wallpaper, coloring book, atau tulisan dalam bentuk pdf/word, dll.

  • Podcast/Audio: untuk konten berbentuk file audio. Karya tidak bisa diunduh (download).

  • Webtoon: khusus untuk format webtoon, yaitu gambar memanjang ke bawah. Karya tidak bisa diunduh (download).

Jenis file karya yang bisa diunggah:

  • image (foto, gambar format webtoon, max 128 MB)

  • file apapun (PSD, ZIP, RAR, dan seterusnya, max 128 MB)

  • audio (mp3 128 kbps, max 128 MB)

  • video (m4a, max 128 MB)

  • Untuk konten video yang lebih besar, kami menyarankan menggunakan embed unlisted dari YouTube.

TEKS EKSLUSIF. Fitur ini untuk menggungah tulisan yang ketika diakses pendukung mereka baru bisa baca setelah membayar dan tulisan tidak bisa disalin (copy). Fitur ini cocok untuk penulis menerbitkan karya. Selain itu kamu bisa sisipkan gambar dan tautan link ke Youtuber, Zoom, dll.

Jika semua sudah terisi, kembali pilih/pencet LANJUT untuk ke tahap selanjutnya.

3. Opsi

Tahap ini adalah tahap terakhir untuk mengatur harga satuan, paket, dan berbagai keterangan lainnya.

Tampilan menu bagain "Opsi".

TIPE & HARGA DUKUNGAN. Sebelum menantukan harga jual, penting memutuskan post karya ini akan dibuat Akses Gratis, Jual Akses 30 Hari, atau Jual Satua yang (akan dijelaskan secara khusus di panduan selanjutnya). Setiap memasukan angka, jangan lupa perhatikan keterangan di bawah kolom "Harga Satuan" dengan seksama.

KETERANGAN LAINNYA. Pada tahap ini kamu bisa mengatur beberapa hal untuk menyempurnakan halaman post karya kamu.

  • Kategori karya. Fitur ini sebagai menu atau folder di halaman utama karyamu. Fungsinya untuk membuat tampilan karyamu semakin rapi. Cara membuat kategori karya akan dijelaskan secara khusus pada panduan selanjutnya.

  • Status postingan. Pada tahap ini kamu bisa putuskan apalah karyamu sudah cukup rapi untuk ditawarkan atau belum. Jika sudah, kamu bisa pilih "publik", jika belum bisa dipilih "draft". Atau kamu bisa "jadwalkan" saja karyamu agar bisa terunggah otomatis pada jam tertentu.

  • Kirim Notifikasi. Jika kotak yang tersedia kamu centang, maka pengikutmu akan mendapat kiriman email notifikasi pemberitahuan ada karya baru dari kamu. Notifikasi tersebut langsung akan terkirim ke email mereka.

Jika semua tahap sudah dilewati, tinggal pilih "SIMPAN & KIRIM", selesai! Karyamu sudah siap untuk didukung.