4 Cara Menawarkan Karya
Pahami perbedaan 4 cara berikut agar kamu bisa memberi ragam pilihan harga pada pendukung.
Di KaryaKarsa kamu memiliki 4 pilihan cara menjual atau memberikan akses ke post karya yang telah dibuat.

- Bebas Akses (Gratis)

Kamu bisa tawarkan karya gratis kepada para pendukung. Misalnya untuk karya lamamu yang kamu post ulang agar para pembaca bisa melihat contoh tulisanmu. Seperti yang dilakukan oleh Karim Nas.
Caranya mudah, cukup set harga 0 rupiah pada bagian "Tipe & Harga Dukungan". Meskipun bisa diakses gratis, pendukung bisa tetap memberi apresiasi lebih dengan memberi kamu tip.
Perhatikan dengan baik perubahan keterangan di bawah kolom "harga satuan" ya! Selanjutnya, nanti pada post karya, karyamu akan langsung terbuka dan dapat dinikmati pendukung.

- Akses Selamanya dalam Satu Kali Transaksi (Jual Satuan)

Kalau kamu hanya ingin menjual karya secara satuan atau eceran kamu bisa atur harga karya hanya pada kolom "Harga Satuan" saja. Jika dijual satuan, maka pendukung bisa mengakses karyamu selamanya dalam 1 kali transaksi.
Jenis penawaran seperti ini cocok digunakan untuk karya yang bisa diunduh (download) oleh pendukung, seperti wallpaper, photopack, pdf coloring book, dll.
Selain itu, karya dalam bentuk serial seperti komik, cerita bersambung, dan novel yang dijual per chapter juga cocok ditawarkan dengan pengaturan ini.
Jika sudah set harga, perhatikan dengan baik perubahan keterangan di bawah kolom "harga satuan" ya!
Selanjutnya, nanti pada post karya, di bagian bawah karyamu akan muncul tombol berwarna biru dengan tulisan harga yang sudah kamu tetapkan. Berikut contohnya.

- Akses "30 Hari" atau "Seumur Hidup" (Jual Paket Dukungan)

Karyamu bisa disatukan dalam satu paket baru ditawarkan juga pada pendukung. Perlu diingat, dalam satu kali transaksi paket dukungan kini bisa diakses selama 30 hari saja atau akses selamanya.
Perhatikan dengan baik perubahan keterangan di bawah kolom "harga satuan" ya! Selanjutnya, nanti pada post karya, di bagian bawah karyamu akan muncul tombol berwarna merah dengan tulisan harga yang sudah kamu tetapkan. Berikut contohnya.

- Akses Kombinasi (Jual Satuan dan Paket)

Selain ditawarkan dalam bentuk satuan, karyamu juga bisa kamu tawarkan dalam bentuk jual satuan dan paket sekaligus. Tujuannya agar para pendukungmu memiliki lebih banyak pilihan harga.
Perhatikan dengan baik perubahan keterangan di bawah kolom "harga satuan" ya!
Selanjutnya, nanti pada post karya, di bagian bawah karyamu akan muncul tombol berwarna merah dan biru sekaligus dengan tulisan harga yang sudah kamu tetapkan. Berikut contohnya.
Lalu, cara manakah yang paling efektif untuk menawarkan karya?
Tentu, semua cara tawarkan karya itu efektivitasnya tergantung pada jenis karya dan strategi kamu berkarya. Misal jika kamu membuat karya berupa cerita bersambung, maka kamu bisa tawarkan akses kombinasi. Jadi, pendukung bisa beli per post atau semua post sekaligus.
Contohnya lagi, jika kamu buka jasa pembuatan ilustrasi custom. Nah, kamu bisa tawarkan bebas akses sebagai contoh ilustrasi yang kamu buat lalu akses jual satuan untuk setiap pemesanan karya.