Menu Overlay

Ini adalah pengaturan khusus untuk para streamer.

Menu ini berisi fitur-fitur untuk mengatur supaya dukungan yang masuk pada para streamer bisa tertampil langsung di layar ketika mereka sedang melakukan live streaming. Terdapat 3 fitur yang bisa kamu atur dalam menu ini.

1. Popup Alert

Ini adalah fitur popup notifikasi dukungan yang masuk saat kamu melakukan live streaming. Jadi, nanti notifikasinya akan muncul di layarmu dan kamu bisa langsung tahu dan mengucapkan terima kasih pada pendukungmu. Kamu bisa memilik warna kotak popup, warna teks, dan durasi notifikasi tampil di layarmu.

Setelah kamu melakukan pengaturan, tinggal salin (copy) link yang muncul di bagian bawah Popup Alert (bisa kamu lakukan secara manual atau tinggal pencet tulisan "COPY"). Setelah itu rekat (paste) di browser source OBS kamu dan atur layout-nya sesukamu.

2. QR Code

Pada tahap ini, kamu bisa atur agar muncul QR Code pada layar ketika kamu melakukan live streaming. Jadi, pendukungmu tinggal scan QR Code pada layar mereka dan langsung terhubung pada halaman TIP kamu.

Cara memunculkan QR Code juga tinggal salin-rekat (copt-paste) link di atas ke browser source OBS dan atur layout-nya sesukamu.

3. LeaderBoard

Fitur ini berfungsi untuk memunculkan 10 besar pendukung teratas, yang ditentukan jadi jumlah dukungan paling besar. Nah, untuk periode waktunya kamu bisa pilih, apakah 10 pendukung teratas dalam 1, 7, atau 30 hari terakhir.

Sama seperti pengaturan lainnya dalam menu ini, tinggal salin-rekat (copt-paste) link di atas ke browser source OBS dan atur layout-nya sesukamu.

4. Running Text

Fitur ini akan memperlihatkan dukungan yang masuk selama streaming dalam format running text. Warna latar dan ukuran serta warna teks bisa diatur sesuai keinginan kreator. Pengaturannya pun serupa dengan fitur lainnya di menu overlay, yaitu tinggal salin-rekat (copt-paste) link di atas ke browser source OBS dan atur layout-nya sesukamu.

Tim KaryaKarsa sudah melakukan uji coba dengan kreator Romansyah, berikut contoh penggunaannya.

Contoh notifikasi yang muncul ketika melakukan uji coba fitur dengan kerator Romansyah.