Panduan Umum Kreator
Setelah kamu persiapkan halaman, sekarang lanjut baca panduan umum berikut, ya!

Jenis Karya yang Bisa Ditawarkan di KaryaKarsa

Karya jenis apapun bisa ditawarkan atau dijual di KaryaKarsa. Baik itu comic/comic strip mingguan, tutorial, cover song, audio podcast, cerpen, novel, dan masih banyak lagi. Penjelasan spesifik bisa kamu baca di panduan berikutnya.
Karya yang ditawarkan sebaiknya berbentuk digital. Kalau karya bentuk fisik, seperti buku, merchandise, dll. bisa saja kamu tawarkan. Akan tetapi perlu diingat tidak ada pilihan jasa pengiriman di KaryaKarsa. Jadi, kamu harus atur manual.
πŸ’‘ Tips!
Karya yang dijual tidak perlu harus yang berat-berat atau panjang-panjang. Sebab yang sebagian besar pendukung menyukai karya yang seperti "cemilan", dalam pengertian karya yang ringan dan singkat, tapi fungsional, konsisten, dan bisa bikin ketagihan.
​

Pengaturan Harga

Di KaryaKarsa, kamu bisa menawarkan karyamu dengan 2 cara, yaitu jual satuan dan paket. Selain itu, kamu juga bisa aktifkan tip.
    Harga Satuan
Pada post karya, harga satuan yang sudah kamu tetapkan akan muncul dalam bentuk tombol harga warna biru. (Lihat contoh pada gambar di bawah). Harga ini bisa kamu set di menu "opsi" yang muncul setiap kamu akan mengunggah karyamu.
Selengkapnya tentang penetapan harga satuan bisa kamu baca di Panduan Dashboard Kreator.
    Paket
Paket adalah cara menawarkan beberapa karya dalam 1 kali transaksi. Paket bisa dianalogikan sebagai "kotak pembungkus" beberapa karyamu. Pada post karya, harga paket yang akan muncul dalam bentuk tombol harga warna merah. (Lihat contoh pada gambar di bawah).
Harga paket bisa kamu set pada menu "Paket" di dashboard. Selengkapnya tentang penetapan harga satuan bisa kamu baca di Panduan Dashboard Kreator.
Contoh 2 penawaran harga dalam 1 karya. Diambil dari halaman Shujinkouron
2 cara menawarkan karya tersebut dibuat untuk memberi pilihan lebih untuk pendukung.
Misal, kamu menerbitkan komik/cerita bersambung setiap minggu. Pendukung bisa memilih mau beli karya satuan atau sekalian saja beli paketan setelah beberapa episode sudah kamu unggah.
​

Jenis Paket yang Bisa Ditawarkan

Jika menyimak "Petunjuk Memulai", kamu pasti sudah tahu bahwa ada template yang otomatis bisa kamu gunakan.
Contoh pilihan template Paket yang bisa kamu gunakan.
Meski tersedia hanya 6 bidang, kamu bisa edit kembali template tersebut. Selengkapnya tentang cara edit paket, bisa kamu baca di Panduan Dashboard Kreator.
Lebih lanjut, ada 5 rekomendasi bentuk paket yang bisa kamu tawarkan pada pendukung:
    Konten Eksklusif dan Akses Konten Lebih Awal (Content Windowing): kreator memberikan konten yang tidak ada di tempat lain, atau baru akan terbit di tempat lain tapi naik di KaryaKarsa dahulu
    Behind The Scenes/Work In Progress: kreator memberikan file kerja (misalnya, PSD unflattened), atau memperlihatkan proses kerja (speed drawing).
    Akses Eksklusif: kreator memberikan akses untuk berinteraksi (komunikasi langsung, telpon, email, chat, video call, atau pertemuan tertutup).
    Personalisasi: kreator menyebut nama pendukung di dalam karyanya -
    Penjualan Karya: dapat berupa pemesanan karya tertentu dalam jumlah tertentu.
Contoh:
​Nyne Comics menawarkan akses lebih awal untuk paket dukungan paling rendah, untuk yang ingin membaca duluan comic stripnya sebelum naik di media sosial.
​REVINATVT menawarkan konten eksklusif berupa tulisan yang hanya ada di KaryaKarsa. Baik itu cerpen yang ia tawarkan dalam akses sekali bayar, maupun tulisan edukatif tentang hukum yang ditawarkan dalam akses paket berlangganan.
​Whoamel menawarkan ilustrasi head shot sesuai foto yang diberikan seharga Rp 100ribu, dengan batasan 10 orang per periode pemesanan.
Untuk harga paket, kamu bisa menawarkan dalam tiga varian harga, yang disusun mulai dari yang termahal. Misalnya:
Paket A [Harga Rp 200.000]. Isi paket:
    Kelas eksklusif 1 jam, terbatas hanya untuk 10 orang pertama
    Modul/panduan/materi kelas
    5 karya ekslusif
Paket B [Harga Rp 89.000]. Isi paket:
    Modul/panduan/materi kelas
    3 karya ekslusif
Paket C [Harga Rp 45.000]. Isi paket: .
    3 karya eksklusif
Pengaturan paket di atas hanya contoh, ya. Kamu bebas mengatur sesukamu. Untuk contoh lainnya yang rapi, kamu bisa kunjungi halaman Bagus Tri Cahyono.
​

Promosikan Karyamu!

Perlu diingat bahwa KaryaKarsa tidak menyediakan pendukung. Oleh sebab itu, kamu sendiri harus aktif mempromosikan karyamu di berbagai platform media sosial. Rekomendasi promosi dari KaryaKarsa adalah seperti berikut.
    Taruh link karyakarsa di bio akun media sosialmu. Bentuknya selalu seperti ini: karyakarsa.com/USERNAME
    Promosikan karyamu secara berkala dan konsisten. Sesuaikan dengan jadwal rilis karyamu, baik mingguan maupun bulanan. Pendukung pasti menginginkan update karya secara berkala.
    Pasang teaser di media sosialmu. Contohnya bisa dilihat dari KALAWIRA. Selain itu, bisa juga taruh sedikit bagian dari karyamu yang bisa membuat followers kamu penasaran. Seperti yang dilakukan Kostum Komik.​
    Ikuti PROGAM INFLUENCER AFFILIATE. KaryaKarsa punya program baru yang bisa buat karyamu dipromosikan sama agen-agen KaryaKarsa. Untuk selengkapnya baca DI SINI!
Data di KaryaKarsa menunjukkan bahwa angka konversi pengunjung ke pendukung meningkat 2 sampai 3x lipat di bulan kedua dan ketiga. Artinya, proses tawarkan karya secara organik memang membutuhkan waktu.
Jadi berikan waktu cukup bagi calon pendukung untuk mengenalmu, mungkin di karya pertama, kedua dan ketiga mereka masih lihat-lihat tapi setelah itu mereka bisa menjadi pendukung loyal.
Selanjutnya data juga menunjukkan bahwa setelah dukungan ke 100, umum terjadi pertumbuhan penjualan karya yang semakin pesat. Contoh kasus:
Butuh waktu 3 minggu untuk Nyne Comics mendapatkan 100 pendukung. Tapi setelah itu 3 minggu berikutnya pendukungnya mencapai 500! Begitu juga dengan Kartunesia, butuh waktu 7 minggu untuk mencapai 100 tapi dalam waktu 1 minggu berikutnya tembus ke 200+ pendukung.
​

Masih Bingung Juga?

Eksplorasi beragam fitur sebanyak-banyaknya! Coba-coba saja pengaturannya, nanti lama-lama kamu akan paham kok. Bisa juga dengan mencontoh pengaturan dari kreator lain. Termasuk bagaimana cara mereka memasarkan karya.
​Damar Indra, misalnya. Ia membuka jajak pendapat ke Twitter dan mendapatkan masukan dan umpan balik yang cukup banyak. Hal tersebut penting untuk perkembangan penjualan karyanya.
Selain itu, kamu juga bisa tanya langsung lewat email ke [email protected] atau DM di Instagram dan Twitter @karyakarsa_id. Tapi pastikan kamu sudah baca dulu semua panduannya, ya!
Last modified 5mo ago