Panduan Untuk Meningkatkan Jumlah Followers di Media Sosial

Kalau kamu berkarya di KaryaKarsa, tentu saja followers kamu adalah audiens kamu dan calon pelanggan kamu yang paling pertama dan utama. Gimana sih caranya biar jumlah followers di media sosial bisa bertambah banyak? Nah berikut panduan untuk meningkatkan jumlah followers kamu di media sosial yang mungkin bisa kamu ikuti.

Posting Yang Sesuai Dengan Persona Kamu

Kalau akun kamu itu akun musisi atau band, sebaiknya posting yang berhubungan dengan dunia musik. Misal lagi latihan di studio, lagi manggung, lagi ngecover lagu orang, dan sebagainya Jangan posting yang jauh sekali misalnya posting tips pacaran, atau posting jual handphone, karena biasanya orang kurang tertarik untuk follow akun yang postingannya random (kecuali mungkin kamu memang seleb ya).

Posting Yang Menarik

Kenapa harus posting yang menarik? Tentunya biar membuat orang jadi stop ngescroll dan jadi lebih merhatiin postingan kamu, yang bisa berujung kepoin postingan lainnya dan lalu follow akun kamu.

Jangan Dikunci

Biasanya orang malas untuk follow akun yang dikunci, karena ia harus nunggu kamu approve request dari dia. Selain itu kamu juga kehilangan kesempatan buat ngasih tau apa isi media sosial kamu ke orang lain. Kalau akun Instagram kamu terbuka tentunya ada kemungkinan lebih banyak untuk dapat like, komen dan masuk ke explore, yang berujung orang lain bisa follow kamu.

Posting Secara Teratur Di Waktu Yang Tepat

Cara ini bisa dilakukan dan harus terus dicoba, karena jam-jam terbaik itu bisa berbeda setiap hari, bisa berbeda di setiap channel media sosial, dan bisa berbeda juga untuk tiap orang. Untuk acuan awal kamu bisa lihat insight di akun-akun media sosial kamu, biasanya kamu bisa liat “peak time” postingan kamu yang paling banyak “engagement”nya itu kapan dan jam berapa. Dari situ bisa dicoba juga di jam dan hari-hari lainnya.

Pergunakan Hashtag

Hashtag atau tagar itu penting, khususnya di Instagram dan Twitter. Degan memakai hashtag postingan kamu jadi lebih mudah ditemukan oleh orang lain. Kamu kira-kira bisa memakai sekitar 30 hashtag dalam satu postingan di Instagram. Tapi sebaiknya jangan sembarang memakai hashtag. Pakai yang sesuai dengan postingan kamu. Boleh memakai hashtag yang sedang populer atau istilahnya kerennya ikutan “riding the wave”, tapi dilihat juga hashtagnya masuk gak sama postingan kamu. Misalnya kamu posting video “Tips Membuat Kopi Susu” trus pakai hahstag #StarWars #TheRiseOfSkywalker kan jadi aneh. Trus kalau nanti akun kamu malah direport kan gawat hehehe.

Pelajari Cara Menulis Caption Yang Baik

Maksudnya menulis caption yang baik itu yang sesuai dengan persona dan target audience kamu. Yang bagus itu caption yang menarik dan gampang dimengerti orang. Keep it simple istilahnya.

Follow, like, komen akun sejenis

Biar kamu mendapatkan follower yang sesuai sama target audience, kamu bisa gerilya dengan follow, like dan komen di akun yang sejenis. Dengan begitu maka kamu akan terpapar oleh orang lain atau follower di akun yang kamu follow, like atau komen itu, yang bisa berujung mereka jadi follow kamu juga. Kalau zaman blog dulu itu istilahnya “blog walking”.

Follow akun seleb/Follow Unfollow

Follow akun seleb bisa dilakukan untuk menambah follower kamu, tapi follower kamu nantinya jadi akan mirip dengan follower akun-akun yang follow akun seleb tersebut. Bisa dilakukan dengan cara follow akun seleb, setelah itu beberapa saat unfollow akun-akunnya, dilakukan beberapa kali. Bisa dilakukan juga ke akun yang sejenis dengan akun kalian.

Bikin Giveaways

Cara ini bisa dilakukan kalau kamu mau mengeluarkan sedikit uang untuk memancing orang supaya follow akun kamu. Bisa dimulai dari hadiah pulsa handphone, OVO atau GOPAY. Bikin kuis yang salah satu cara jawabnya adalah harus follow akun kamu. Bisa juga ditambah dengan harus mention 3 orang teman kamu. Jangan lupa pergunakan hashtag (bisa nebeng hashtag populer) dan juga unik hashtag supaya kamu bisa ngetrack giveaways kamu.