Strategi Harga Dukungan

Menentukan harga terhadap sebuah produk memang selalu menjadi tantangan tersendiri. Iya, dukungan ke kamu juga produk dong. Apakah terlalu murah atau terlalu mahal? Semua dibebaskan ke kamu sendiri.

Tapi secara umum dukungan bisa dipecah menjadi 3: Entry point, up-selling, premium offering. Detilnya bisa dibaca di bawah

Mulai dengan tip jar Rp. 10,000

Apakah kamu bisa kaya dengan dukungan Rp 10,000? Kalau jualan rokok bisa, tapi poinnya bukan dari nilai dukungannya tapi bahwa mereka ingin mendukung walaupun dalam jumlah kecil.

Membujuk orang yang sudah mendukung Rp. 10,000 untuk mendukung Rp. 20,000 lebih mudah dari membujuk untuk mendukung pertama kalinya? Bagaimana kalau Rp. 50,000? Bisa dong. Teknik ini bernama Up-selling.

Sebagai kreator kamu mendapatkan data email pendukung kamu yang bisa kamu jangkau kembali dengan menggunakan email. Setiap post kamu (nantinya, masih dalam pengembangan) akan di-email ke semua yang sudah mendukung. Kamu bisa juga menggunakan layanan newsletter seperti mailchimp yang gratis untuk digunakan sampai 2,000 email terdaftar.

Siapkan tier lebih mahal untuk up-selling (Rp. 20-50rb)

Banyak cara untuk mendapatkan uang Rp 100 juta, dan butuh 10,000 dukungan sebanyak Rp 10,000 untuk mendapatkan Rp 100 juta. Bisa juga 100 dukungan seharga Rp 1,000,000 kan.

Mana yang lebih susah? Hanya kamu yang tahu itu. Tapi di Karyakarsa kamu bisa coba-coba mana yang cocok untuk pasar yang ingin mendukungmu.

Secara formula kita bisa pecah jadi seperti ini untuk mendapatkan Rp. 100 juta.

  • 10,000 pendukung x Rp 10,000

  • 5,000 pendukung x Rp. 20,000

  • 1,000 pendukung x Rp. 100,000

  • 500 pendukung x Rp. 200,000

  • ...dan seterusnya

Apa yang bisa kamu tawarkan agar bisa didukung lebih mahal? Banyak! Berikut ada beberapa contoh:

  • Early Access: Upload komik, musik, karya kamu 1-2 minggu lebih awal di karyakarsa dibanding di tempat lain. Pendukung akan merasa istimewa karena bisa menikmati lebih dahulu.

  • Konten ekslusif: Sediakan HANYA di karyakarsa dan tidak ada di tempat lain. Bisa berupa episode tambahan atau episode khusus untuk fans istimewa yang mendukung.

  • Credit: Sebutkan nama mereka di episode podcast kamu atau tulis rasa terima kasih di chapter baru buku kamu.

  • Behind the scene: Dengar langsung cerita kamu membuat karya dan belajar langsung dari kamu. Kalau mereka fans kamu, mereka pasti ingin melihat atau ingin belajar lebih jauh.

Kami sarankan untuk bereksperimen dengan menawarkan hal yang berbeda dan lihat hasilnya secara berkala.

Siapkan tier dukungan terbatas (diatas Rp. 100,000)

Apalagi yang lebih istimewa dari konten ekslusif dan hal-hal diatas? Dukungan terbatas dong! Kamu bisa set tier dukungan secara terbatas untuk hal yang membutuhkan usaha lebih, ada komitmen waktu atau memang kuantitasnya terbatas.

Contoh yang cocok menggunakan tier dukungan terbatas adalah sebagai berikut

  • Merchandise: Berikan fans kamu kaos, topi, hoodie, enamel pin dengan dukungan yang mereka berikan. Kalo bingung buat merchandise tanpa modal di mana, ehem ke Tees Indonesia aja.

  • Commission Work: Gambarkan muka pendukung dengan gaya kamu atau hal-hal yang mereka inginkan kamu lakukan.

  • Konsultasi / Curhat: Bisa menggunakan fitur telpon via Line/Whatsapp untuk membantu mereka dengan masalah mereka. Bisa konsultasi bisnis, teknis, atau sekedar curhat per 10 menit atau per jam.

  • VIP / Backstage access: Fans mana yang tidak ingin mendapatkan akses ke backstage ketika kamu manggung?

Kesimpulan

Ketiga level dukungan diatas banyak dipakai oleh industri kreatif sejak lama. Contoh:

  • Musisi: Menjual CD Musik atau download digital (entry point), menjual merchandise (up-sell) dan tiket konser (premium).

  • Penulis: Menjual buku (entry point), menjual buku lain yang serupa (up-sell), meet and greet (premium)

  • Komikus: Menjual komik (entry point), poster karya (up-sell) dan poster yang ditandatangani (premium).

Masih banyak contoh lainnya, tapi secara umum bisa digunakan untuk segala bidang kreatif.