Illustrator

Bekerja sebagai illustrator tak harus hanya sebagai pekerja profesional yang mencari pesanan atau commision ke pihak-pihak yang membutuhkan seperti brand atau perseorangan, tapi dapat juga sebagai pembentukan komunitas penikmat karya maupun yang mau belajar. Berikut beberapa metode-metode mendapatkan dukungan dari penikmat karya sebagai illustrator.

Wallpaper hi-res

Karya Kakak dapat ditawarkan sebagai wallpaper desktop maupun HP. Ini salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Adhityazul.

Update konten sebelum dibuka ke umum

Kalau Kakak memiliki seri ilustrasi yang rutin dibuat dan dipost, sampai pada tahap ditunggu-tunggu oleh penikmat karya, Kakak dapat mengunggah karyanya di KaryaKarsa dahulu sebelum naik di media sosial.

Akses ke komunitas (FB Page khusus, group chat, dll)

Keahlian sebagai illustrator tak hanya soal hasil, tapi soal berbagi dan bertukar ilmu juga. Membuat sebuah komunitas khusus untuk sesama illustrator dan penikmat karya akan menarik.

Bonus digital (tes render, brush photoshop, file PSD asli)

Perangkat dan proses kerja pasti ada minatnya dari yang sedang belajar - kenapa tak belajar dari kreator favoritnya sekalian?

Video proses/tutorial menggambar

Video proses dengan kecepatan biasa atau speed drawing memiliki daya tarik baik untuk illustrator pemula, maupun penikmat awam. Tutorial juga dapat menjadi sesuatu yang "dijual".

Membuat fans jadi karakter dalam ilustrasi/komik

Menawarkan fans menjadi karakter dalam ilustrasi/komik bisa menjadi sesuatu dapat dijual dengan mahal, namun perlu diawasi jumlahnya supaya tidak mengganggu pekerjaan Kakak.

Bonus art, fan art, akhir alternatif untuk komik

Karya tambahan yang eksklusif seringkali memiliki nilai lebih untuk superfans.

Gambar untuk diwarnai/kursus/petunjuk/kritik gambar

Banyak orang ingin bisa menggambar - dan Kakak bisa memfasilitasinya. Bisa sesederhana memberikan file digital untuk diwarnai, sampai memberikan komentar konstruktif pada karya "murid"nya.

Akses ke archive gambar lama

Kalau sudah memiliki stok gambar banyak, akses ke archive dapat dijual; dapat juga menjadi sampler untuk proyek commission yang lebih besar.

Behind the scenes

Proses menggambar - bisa dari beberapa proses sketsa ide, pengembangan gambar, atau malah video speed drawing (atau kecepatan biasa) juga menarik untuk penyuka ilustrasi.

Merchandise

Penawaran merchandise akan sangat menarik untuk kreator yang sudah memiliki karakter atau desain sendiri.

Terima order/komisi polling/terima usulan

Lagi gak ada ide untuk gambar apa lagi? Bukalah usulan dari penikmat karya.

Sesi tanya jawab/live stream

Menjawab pertanyaan soal teknis gambar atau mengenai karyanya sendiri, melalui sesi tanya jawab yang pertanyaannya dikirim sebelumnya atau melalui live stream.

Tanda terima kasih ke fans

Kakak juga dapat membuat video ucapan ke fans saat sudah mencapai target tertentu; misalnya menyelesaikan satu seri gambar; bahkan Kakak dapat menawarkan harga lebih mahal untuk fans yang ingin disebut (dan mungkin sekalian digambar) dalam video tersebut.