Youtuber / Kreator Video

Berkreasi melalui video sudah semakin dipermudah dengan kualitas kamera HP, kamera prosumer, kamera action dan bahkan kamera drone belakangan ini, maka tak heran hasrat berkreasipun semakin mudah tersalurkan. Bagi yang ingin menekuni bidang ini secara profesional, mendapatkan penghasilan dari iklan ataupun sponsor bukanlah satu-satunya cara. Kakak dapat juga mempergunakan Karyakarsa dengan cara-cara sebagai berikut:

Rilis sebelum diunggah ke layanan video (seperti YouTube, etc)

Cara ini mengikuti pola Content Windowing, yang mengatur konten keluar kapan di jalur distribusi mana. Cara ini akan berharga untuk audiens yang tidak sabar untuk menonton konten Kakak, atau dapat juga berupa sesuatu yang sensitif waktu dan lebih berharga kalau ditonton segera (misalnya, review film mungkin?).

Behind The Scenes (proses kreasi, informatif)

Proses produksi video tentunya bukan hanya membeli kamera dan merekam. Tentu saja ada proses perencanaan di baliknya, yang mungkin memiliki nilai lebih untuk audiens tertentu. Yang ditampilkan bisa jadi rencana cerita, atau storyboard, atau situasi di sela syuting; dapat juga berupa semi-instruksional.

Behind The Scenes (kehidupan pribadi)

Mengungkapkan apa yang terjadi di kehidupan pribadi tentunya bukan untuk semua orang, namun ini juga dapat menjadi sesuatu yang berharga untuk audiens tertentu. Kakak bisa membuat daily/weekly vlog yang bercerita soal-soal pribadi di luar topik utama vlog, tapi hanya tersedia untuk audiens yang membayar tier dukungan premium.

Akses pustaka konten lama

Video-video lama yang pernah dibuat dapat juga dijadikan pustaka berbayar, misalnya dengan harga tier dukungan khusus.

Kursus via video

Kalau Kakak memiliki ilmu dan pengetahuan yang dapat mudah dibagikan melalui video, bisa saja dijadikan "kursus" via video. Kursus fotografi, kursus musik, kursus menjahit, kursus public speaking, apapun itu. Tentunya, Kakak perlu mempertimbangkan keunikan konten juga - antara daya tarik atau kebutuhan di audiens, dan ketersediaan konten kursus yang sama atau mirip dari layanan lain.

Video premium (versi lebih panjang, etc)

Membuat konten video tidak mudah, apalagi kalau hasil rekaman sekian jam perlu disunting menjadi 5-10 menit yang masih relatif wajar ditonton orang melalui HP. Nah, dengan materi yang sama, bisa saja Kakak membuat dua versi, dan versi lebih panjangnya dibuat premium di KaryaKarsa.

Video tambahan

Dengan materi video yang sama, dapat juga merencanakan konten tambahan yang hanya tersedia di KaryaKarsa melalui tier dukungan tertentu. Misalnya, konten yang naik ke YT berbicara soal lokasi liburan pantai ideal, tapi video berbayarnya bercerita soal detail harga dan perencanaan trip.

Konten baru/miniseri/segmen khusus

Kalau ada waktu dan biaya, KaryaKarsa dapat juga dimanfaatkan sebagai media untuk konten khusus yang lebih premium ketimbang konten yang sudah naik di YT. Jangan lupa, dalam merencanakan konten premium seperti ini, cari tau ke audiens Kakak konten apa yang buatan Kakak yang mereka akan rela bayar untuk tonton (penting!).

Akses ke kreator (meet & greet, live chat, video chat, etc)

Ada aja kok audiens yang pengen ketemu kreatornya secara langsung, atau berinteraksi langsung. Tier dukungan tertinggi Evelyn VTuber adalah "I Will Call You", dan sudah ada yang bayar. Memberikan akses berinteraksi langsung maupun via live chat atau video chat merupakan cara untuk mendekatkan audiens yang paling hard core.

Akses ke komunitas

Selain kreatornya sendiri, salah satu hal yang disukai audiens adalah bertemu sesama audiens. Ini sebaiknya memang difasilitasi dan dikelola langsung oleh kreatorsnya sendiri, atau setidaknya terawasi dengan baik, dengan membuat Facebook group tertentu, atau malah channel Discord. Adanya sebuah komunitas dari audiens yang terkelola dengan baik akan meningkatkan frekuensi pembelian karya dan minat ke karya yang lebih "mahal".

Materi tambahan (script, notasi, etc)

Seorang kreator video kan tidak melulu kontennya harus video kan? Materi seputar konten video juga dapat dijadikan konten menarik; seperti storyboard yang disebut di atas, atau setlist manggung, catatan yang menyertai kursus fotografi, atau malah merchandise/barang khusus yang relevan.

Voting/Polling

Audiens senang jika dapat terlibat dengan kreator favoritnya, sehingga mengadakan hak voting atau polling dapat ditawarkan di salah satu tier dukungan. Pertanyaan yang diajukan dapat beragam, tapi makin tinggi relevansinya, makin baik. Misalnya, voting untuk bintang tamu vlog berikutnya, atau polling mengenai nasi goreng terenak di Semarang.

Partisipasi Fans (ikut dalam video, etc)

Melibatkan fans atau audiens akan memiliki nilai yang sangat berarti untuk yang menginginkannya - ketemu ngobrol aja mau, apalagi ikut di vlog yang sudah sering ditonton!

Livestream

Livestream adalah satu hal yang dapat mengajak audiens Kakak untuk hadir di waktu yang sama dan menonton konten Kakak, mungkin juga sambil live chatting dan sebagainya. Livestream ini bisa dibuat hanya dapat diakses pendukung tier dukungan tertentu, atau sesederhana membuka tip jar saat live.

Merchandise fisik

Menjual kaos atau merchandise yang revelan (misalnya, tumbler untuk kanal makan-makan) adalah satu cara melibatkan audiens Anda dan menjadi pemasukan.

Layanan konsultasi langsung

Konsultasi yang diberikan dapat berupa teknik-teknik video, atau bidang keahlian lain yang tampil pada kanal Kakak - misalnya, ada orang yang berencana pergi ke sebuah daerah tertentu untuk liburan mungkin bisa meminta waktu Kakak untuk meminta tips urutan tempat dan acara yang harus dikunjungi.

Menjawab pertanyaan fans lewat konten berbayar

Terkadang pertanyaan yang benar-benar serius di kolom komen terkubur oleh komen-komen gak penting - padahal, yang ingin ditanyakan oleh audiens mungkin ada makna sendiri. Kakak bisa memberikan "jaminan menjawab" melalui tier dukungan berbayar khusus untuk tanya jawab.

Kirim salam ke fans, menyebut nama/membuat sesuatu yang khusus

Audiens Kakak yang setia pasti senang kalau namanya disebut dalam video Kakak, apalagi kalau, misalnya, dibuatkan sketch khusus dengan namanya di dalam video Kakak. Revina VT memiliki tier dukungan di mana dia akan menyebut nama pendukung yang membayar di tier dukungan tersebut.